Cara Membuat File PDF Dengan Ms Office

Biasanya file-file yang berformat PDF banyak kita temukan pada E-Book, Petunjuk manual software atau driver dan lainnya. Untuk membuka atau menjalankan file PDF bisa mengunakan  Adobe Reader, Foxit Reader dan software lainnya. Tujuan penggunaan PDF (Portable Document Format) adalah untuk kemudahan dan juga untuk keamanan dokumen, karena sebuah file yang telah diubah menjadi file PDF (misalnya dari Word ke PDF) tidak bisa diedit. File PDF menurut saya lebih simpel atau sederhana, dan yang pasti ukurannya lebih kecil dari file aslinya.

Untuk cara membuat File PDF, ada 2 cara yaitu :
  1. Cara Pertama yaitu dengan menginstal Add-In pada Microsoft Office, dengan begitu semua aplikasi Office dapat kita ubah menjadi file PDF. Caranya sangat mudah, kalau kita ingin mengubah word, excel dan aplikasi office lainnya ke PDF, kita hanya tinggal memilih menu "File/Save As/PDF or XPS". Software Add-In bisa sobat download pada link yang ada diakhir artikel ini.

    Mengubah Ms Office menjadi PDF
  2. Cara yang kedua adalah dengan menginstal software CutePDF. Software ini adalah freeware atau gratis, nantinya semua aplikasi yang ada fitur print bisa diubah kedalam format PDF karena software CutePDF terintegrasi sebagai subsystem printer. Caranya, silahkan sobat download software CutePDF terlebih dulu, linknya ada dibawah (Akhir Artikel).

 Cara instal CutePDF :
  • Ada 2 file yang harus diinstal yaitu Converter.exe dan CuteWrite.exe
  • Selanjutnya instal converter.exe terlebih dulu, klik 2x kemudian klik Setup
  • Nanti akan muncul kotak berwarna hitam seperti command prompt, biarkan saja sampai hilang dengan sendirinya
  • Kemudian Instal CuteWriter.exe, klik 2x untuk menginstal

Cara menggunakan CutePDF cukup mudah, bila sobat ingin mengubah suatu file ke format PDF, buka file tersebut dan kita menuju menu Print atau Print File. Kemudian pada pilihan printer yang ada atau tersedia, pilih "CutePDF Writer". Klik OK dan Tunggu beberapa saat sampai muncul dialog box, kemudian pilih lokasi untuk menyimpan file PDF tersebut.

Cara membuat File PDF

Biasanya jenis file yang bisa diubah dengan CutePDF adalah dokumen teks seperti word, excel, power point dan aplikasi office yang lainnya, selain itu dokumen gambar JPG, TIFF, dan format lainnya juga bisa diubah.
Sobat bisa menginstal salah satu atau kedua software diatas yaitu Add-In dan CutePDF. Bila sobat ingin mencobanya, silahkan sobat download pada link yang ada dibawah ini. Semoga bermanfaat.
Download :

Blog Archive

Copyright © 2013 Cerita Dewasa Bagus All Rights Reserved.