Tips Menjaga Kinerja Komputer


Pada kesempatan yang baik ini, saya akan mencoba berbagi tips dengan sobat tentang Tips Menjaga Kinerja Komputer dan laptop juga tentunya, karena kedua perangkat ini pada dasarnya adalah sama dan tidak perlu saya jelaskan karena sobat pasti sudah mengetahuinya. Kalau sobat misalnya baru pertama kali menggunakan komputer/laptop atau sobat sudah lama bergelut dengan perangkat tersebut tapi mengabaikan perangkat tersebut, baiklah saya akan berbagi tips dengan sobat yang mungkin saja bisa berguna. Berikut Tips Menjaga Kinerja Komputer :


Karena komputer atau laptop sama halnya dengan manusia yang memerlukan pemeliharaan dan perawatan luar dan dalam, maka sebaiknya sobat menerapkan tips-tips berikut ini agar komputer sobat mencapai umur yang maksimal. Tips yang akan saya bagikan ini merupakan pengalaman saya sendiri dan juga dari baca-baca artikel. 

Tips Menjaga Kinerja Komputer :

Bersihkan sistem sehabis menginstal atau uninstal program
Menginstal atau uninstal program sudah pasti akan banyak meninggalkan file-file sampah (Junk File), registry error, broken shortcut dan lai-lain. Hal ini akan membuat PC menjadi lambat saat dijalankan, termasuk akan mempengaruhi koneksi internet. Maka dari itu bersihkanlah sistem sobat setelah melakukan penginstalan atau uninstal program, lalu bagaimana cara membersihkannya? caranya dengan menggunakan Software Utilities. Dengan bantuan software utilitas tersebut, saya yakin komputer sobat  kinerjanya akan selalu tetap optimal. Salah satu software utilities yang bagus menurut saya adalah Tune Up Utilities. Sobat juga bisa menggunakan software utilitas lainnya yang dianggap bagus. Bersihkan secara berkala atau sehabis instal dan uninstal program.

Scan sistem dengan Antivirus
Antivirus adalah sangat penting dan wajib terinstal di PC sobat karena semakin hari virus semakin banyak dan semakin mengancam. Apalagi kalau PC sobat sering terhubung ke internet, karena internet juga merupakan salah satu media penyebaran berbagai virus selain penyebaran lewat media penyimpanan seperti flash disk, memory card, hard disk eksternal dan lain-lain. Banyak pilihanAntivirus yang bisa sobat gunakan untuk melindungi dan menjaga PC sobat dari ancaman virus, baik yang free atau yang premium (Berbayar) seperti KasperskyAviraBitdefenderAvastVipreEssetdan banyak lagi lainnya. Dengan program antivirus maka PC akan terlindungi dari berbagai ancaman virus dan sejenisnya, tapi jangan hanya menginstalnya saja setelah itu diabaikan, itu sama juga bohong. Lakukan Scan sistem secara berkala dan jangan lupa untuk update database antivirus sobat, bisa dilakukan setiap hari atau setiap terkoneksi ke internet agar antivirus tetap up to date.

Instal Software seperlunya saja
Menginstal software terlalu banyak dan yang sejenis lebih dari satu, juga bisa membuat PC bekerja tidak semestinya atau kinerjanya lambat. Sebaiknya menginstal software cukup yang penting-penting saja sob, misalnya software antivirus, utilities, media player, office, downloader, browser dan software lain yang dianggap perlu dan sering digunakan. Kalau kebanyakan software tapi jarang atau bahkan nyaris tidak pernah digunakan, maka akan membuang-buang memori dengan percuma dan PC juga bisa menjadi lambat saat dijalankan. Nah, untuk itu sobat installah software yang dianggap perlu dan diperlukan, tergantung keperluan agar PC tetap maksimal dan berjalan sebagaimana mestinya.

Update driver dan sistem
Bicara masalah update sudah pasti terkait dengan koneksi internet. Mungkin tips yang satu ini juga bisa dikatakan penting dilakukan, karena menurut apa yang pernah saya baca, driver dan OS (Operating System) juga harus up to date, agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan seperti sistem error dan bahkan blue screen. Untuk update driver sobat bisa menggunakan bantuan software yang berfungsi mendeteksi driver-driver yang sudah out of date atau sudah usang kemudian meng-update-nya seperti software Driver Genius ProfessionalDriver Ckecker, dll., karena beberapa driver tidak bisa terdeteksi oleh windows. Kemudian Windows sobat juga perlu di update, bisa dengan mengaktifkan fitur "Automatic Updates" pada control panel.

Jangan mencabut flash disk sembarangan
Mungkin karena buru-buru atau karena memang belum tahu, flash disk atau media penyimpanan lainnya sering dicabut tanpa meng-eject-nya terlebih dahulu atau mengklik Safety Remove. Hal ini dianggap sepele oleh beberapa pengguna karena dianggap tidak akan terjadi apa-apa. Anggapan itu sebenarnya adalah keliru, karena bila dilakukan secara terus-menerus akan dapat merusak sistem dan flash disk itu sendiri. Untuk itu bila sobat ingin mencabut flash disk dari komputer, luangkanlah waktunya beberapa detik untuk mereject flash disk dengan mengklik Safety Remove.

Matikan PC bila digunakan lebih dari 3-4 jam nonstop selama 30 menit
Hal ini berlaku terutama untuk sobat yang menggunakan laptop dan bila perlu bisa juga dilakukan pada komputer. Karena panas adalah musuh utama dari komputer ataupun laptop, maka bila menyalakan laptop atau komputer dalam waktu yang lama (3-4 jam), sebaiknya matikan dulu sebentar PC sobat (30 menit) agar suhunya menjadi normal kembali. Atau sobat bisa menggunakan Cooling pad (Mudah-mudahan tulisannya bener) untuk sobat yang menggunakan laptop. Mungkin dengan begitu, komputer atau laptop sobat akan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Mungkin hanya tips-tips diatas yang bisa saya tuliskan di blog ini, bila ada yang kurang mohon sobat tambahkan karena tips diatas adalah berdasarkan pengalaman saya sendiri. Semoga Tips Menjaga Kinerja Komputer ini bisa bermanfaat untuk sobat semuanya.

Blog Archive

Copyright © 2013 Cerita Dewasa Bagus All Rights Reserved.